BIKIN BLOG ITU GAMPANG! | HOW TO START A BLOG WITH HBBV


Hai! Hai! Hai!
     Apakabar beauties semua? Dan welcome to my page buat yang baru berkunjung. I hope we can support each other. Luv :*
     So, kali ini aku mau share ilmu yang aku dapetin dari ‘Sharing Session HBBV’. Jadi sebelum aku berbicara panjang kali lebar kali tinggi, buat kalian yang belum tau apa itu HBBV dan acara ini itu ngapain aja? Kalian bisa klik disini.
   Okay, disini aku akan sharing tentang bagaimana sih memulai suatu blog?apa yang harus dilakukan? Dan adakah tips-tips agar blog kita lebih menarik tetapi mudah untuk dijalankan? Siapkan notes kalian dan.. here we go!!



HOW TO START A BLOG?
    Banyak sekali dari kita yang ingin berbagi sesuatu baik dari pengalaman pribadi, perjalanan, review produk, trips & trik, dan lain sebagainya. Salah satu media yang dapat kita gunakan untuk mencurahkan segala isi pikiran kita salah satunya adalah blog. Ad banyak sekali platform yang dapat kita gunakan, salah satunya blogger.com. Berikut adalah 4 langkah umum yang perlu dilakukan :
  1. Daftar; memlih platform, menentukan alamat blog dan niche.
  2. Setting dan customize blog. Ini yang akan kita bahas.
  3. Menulis dan publikasi konten.
  4. Mempromosikan dan optimasi konten/blog.
  5. Session kali ini, kita akan membahas point ke 2, yaitu Setting dan Customize blog.

ELEMEN YANG WAJIB ADA DALAM BLOG
    Dalam suatu blog, About page, Contact page, Menu/navigasi dan Search box, menjadi elemen penting yang wajib ada.
  1. About Page atau halaman tentang penulis supaya pembaca tau siapa orang dibalik konten yang sedang mereka baca.
  2. Contact Page diperlukan supaya pembaca tau kalo mau menghubungi penulis mereka harus ke mana. Yang harus dicantumkan di contact page itu email aktif. Boleh juga menulis kontak lain kalo berkenan.
  3. Menu/navigasi dibuat supaya mempermudah pembaca untuk menjelajahi blog. Minimal buatlah kategori. Untuk beauty blog, misalnya buat menu khusus skincare, makeup, body care dll. Atau menu khusus review, makeup tutorial, haul, dll.
  4. Search box ini baiknya tetap ada walau fungsinya sama seperti navigasi. Soalnya kadang ada tulisan yang nggak masuk ke kategori yang sudah ada di navigasi. Jadi lewat search box ini pembaca bisa menelusuri blogmu lewat kata.

LAYOUT
    Hal yang sangat penting dalam mengelola blog adalah mengatur tampilan blog agar menarik, memiliki interface yang mudah, efisien, interaktif, dan tentunya unik. Layout ini penting karena akan jadi first impression bagi pengunjung blog sebelum mereka baca tulisan kalian. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola layout atautampilan suatu blog:

Tema/Template
             Gunakan template yang ringan dan mudah dioperasikan. Beauties bisa banget pakai           template bawaan blogger atau bisa juga dengan download tema dari beberapa situs dibawah ini:

        
 berikut cara mengganti tema/template:
  • Download template yang kamu mau.
  • Template yang kamu download biasanya masih dalam bentuk RAR jadi harus di-unzip dulu untuk dapat file aslinya. Pakai program WinRAR.
  • Kalo di pc/laptopmu belum ada silakan download dulu. Di mana downloadnya? Carilah di google.
  • Buka filenya > Klik Extract File > muncul pop out > Pilih lokasi file > Klik OK
  • Buka folder hasil unzip file tadi > Cari file yang berupa XML. Inilah file template yang sebenarnya, yang nantinya akan kamu upload ke blog.
  • Ke Dashboard > Pilih Tema
  • Klik Backup/Pulihkan yang ada di bagian pojok kanan atas
  • Klik Download Tema. Untuk menyimpan copy/backup dari tema kita yang sebelumnya.
  • Klik Pilih File > pilih file template yang akan digunakan > Upload
  • Kembali ke halaman utama Tema > pilih bagian seluler > Klik Roda/Gear warna abu
  • Muncul pop out pengaturan > Pilih Tidak Simpan


Kombinasi warna
          Gunakan kombinasi warna yang mencerminkan isi blog. Gunakan wara-warna yang           cenderung lebih cerah, senada, dan bersih agar pebaca lebih tertarik dan nyaman.

Pilihan backgroud
     Jangan gunakan background yang terlalu ramai dan berwarna-warni. Gunakan saja background polos. Jika harus berupa gambar, usahakan gambar yang simple agar tak menganggu fokus pembaca.

Font
          Cukup gunakan 2 jenis font. 1 font untuk bagian judul dan 1 font untuk bagian body. Kombinasikan antara font Serif dan Sans Serif. Pemilihan font yang bentuknya terlalu atractive dapan membuat mata pembaca lelah.

Header
          Header menjadi salah satu bagian terpenting karena menjadi pandangan pertama yang dilihat para pengunjung blog. Cara setting header:
  • Masuk ke Dashboard > Pilih Tata Letak
  • Klik Gadget Header Halaman
  • Muncul pop out window Mengonfigurasi Header > Pilih file gambar header yang mau dipakai
  • Pilih opsi “selain judul dan keterangan”
  • Klik Simpan > pop out window akan tertutup > Klik Simpan Setelan


          Jadi beauties, itu lah beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk memulai suatu blog. Sebenarnya ada banyak lagi tips-dan trik yang aku dapetin dari Sharing Session ini, mungkin aku aka bikin tulisan lain lagi yang lebih terfokus ya.. J  betewe nih.. aku juga mau ucapin terimakasih bnyak but Mbak Ririn selaku modertor diacara ini dan Mbak Icha Amalia yang udah dengan baiknya membagikan ilmu yang sangat bermanfaat ini. Buat eauties yang KEPO sama HBBV kalian bisa follow instagramnya HBBV. Dan bisa banget buat follow akun mbak Ririn dan mbak Icha juga.

Hopefully this all i write can be helpfull for you! Luv..:*






Komentar