5 PRODUK MAKEUP WAJIB DIMILIKI PEMULA

 


Hai! Kalau kemarin aku bahas tentang 5 skincare wajib untuk pemula, kali ini kita beralih ke makeup yuk! Siapa sih yang gatau makeup? Sekalipun kamu belum pernah memakainya, pasti kalian sering dong lihat iklan di TV, media sosial, bahkan orang-orang terdekat pasti ada yang memakainya. Apalagi, makeup adalah salah satu penunjang penampilan. Tampilan jadi terlihat lebih strong, karakter yang ingin diciptakan lebih keluar, menutup beberapa imperfection di wajah kamu, dan tentunya membuat tampilanmu jauh lebih attractive.

“Aku pengen belajar makeup, tapi banyak banget jenisnya!”

Tenang sayang, kita peringkas yuk!

“Aku kan masih sekolah, ga boleh pakai makeup! Tapi pengen,”

Ikuti aturan sekolah ya sayang, emang ga semua sekolah memperbolehkan bermakeup, apalagi sekolah negeri ya. Tapi itu kan kalau kelihatan (re: menor). Coba deh cari trik & tips makeup untuk pelajar.

“Bisa ga sih, dengan budget seminim mungkin, tapi bisa punya produk makeup lengkap?”

Bisa. Tergantung definisi kata ‘lengkap’ menurut kamu itu yang bagaimana.

“Cowok aku bilang ga usah pakai makeup, dia suka yang natural. Tapi lihat cewek lain yang makeupan matanya meleng,”

Udah insting cowok beib! Natural versi cowok adalah tidak kusam, merona, tidak berjerawat, mulus, cerah, seger, pokok gitu deh. Pakai makeup bukan berarti merubah keseluruhan bentuk wajah kamu kan? There is ‘no makeup –makeup look’ you can try!

“Aku mana ngerti kak makeup-makeup gituan? Aku aja Cuma pakai bedak bayi.”

Kamu umur berapa? Mau cari tahu dan mulai belajar ga? Scroll terus sampai bawah, pasti lebih ngerti.

Jadi, pakai atau ga pakai makeup adalah pilihan masing-masing individu. Tapi, bukan berarti kamu gak mencari tahu ya. Sama halnya skincare, makeup itu banyak banget macamnya. Memang kudu banyak searching, baca artikel, stalking media sosial yang bahas beauty, kepoin para beauty vlogger, ikut beauty class, dll. MUA yang pro aja juga prosesnya gak singkat loh.

Nah, untuk kamu nih yang baru mulai, baru pengen, baru kepikiran, menyentuk makeup, aku punya 5 rekomendasi jenis produk makeup buat kamu, yang wajib diketahui dan dimiliki.

CUSHION

Aku awali dari complection dulu nih. Terlepas dari pakai primer atau tidak, cushion ini kandungannya udah sangat lengkap dibanding dengan produk complection lainnya seperti BB cream, foundation, dan bahkan concealer. Selain kandungannya, cushion udah dilengkapi dengan pacaging yang compact dengan kaca dan puff jadi lebih ringkas, gak perlu bawa tools lainnya. Sekarang cushion juga udah menjamur dimana-mana, bisa milih tingkat coverage(dari yang ringan/sheer sampai yang full), dan warnanya juga beragam, jadi ga perlu khawatir keputihan dan jadi abu-abu dimuka. Untuk yang punya bekas jerawat, dark circle, dark spot, redness, kamu bisa buildup atau numpuk sekali lagi produknya di area yang perlu ditutupi tanpa perlu memakai concealer.

BEDAK

Next, adalah bedak. Apa pentingnya? Kan udah pakai cushion. Jadi, mau se matte apapun hasil cushion kalian, kalau ga dikunci tetep bakal geser-geser sistur. Apalagi dibagian bawah mata, smile line, cuping idung, bisa-bisa jadi cakey dan crack. Bedak juga jenisnya banyak sekali dari yang loose powder(bubuk), compact powder, two way cake, dll (aku bahas lain waktu ya masing-masing jenis ini).  Aku pribadi lebih saranin pakai  yang jenisnya loose powder. Selain ringan, dia juga kerjanya jauh lebih bagus untuk ngunci makeup. Loose powder juga bisa single use(tanpa cushion) untuk hasil yang sangat-sangat natural, tapi 1-2 jan udah pasti kebawa angin hehe. Opsi lainnya adalah TWC(two way cake). Biasanya formula TWC udah ada kandungan based makeupnya. Jadi coveragenya lebih tinggi. Tanpa cusion juga udah bis sedikit menutup noda-noda di wajah. Trik agar dapat tingkat coverage yang tinggi dari TWC adalah bahasi sponge aplikatornya sebelum digunakan untuk mengambil produk.

EYEBROW PENCIL

Ngaku! Siapa disini yang alisnya ga simetris, botak ujungnya, tipis, ga beraturan, jabrik, bolong-bolong?! Hehe, sama. But, harus diingat

“Alis kamu memang tidak sama, tapi serupa”

Justru kalo simetris kadang mukanya jadi aneh. Kecuali untuk fullface makeup ya(makeup nikahan, wisuda, dll) karena MUA juga pasti akan menyesuaikan bentuk wajah kamu yang lain yang perlu dikoreksi agar alis yang simetris itu kelihatan sinkron dengan wajah kamu. Eyebrow product jenis pensil adalah jenis yang paling mudah digunakan karena kamu bisa take control dengan mudah. Pilih pensil alis dengan warna lembut seperti ash brown, atau yellow brown, intinya jangan yang coklat kemerahan. Untuk yang alisnya udah tebal menurutku ga perlu deh ya pakai pensil alis, tapi bisa buat nambahin isi dan mempertega bentuk ujungnya.

MASCARA

Aku salah satu pecinta mascara, pakai banget! Hehe. Apalagi kalau untuk hangout atau ada kelas pagi. Satu produk ini ngebantu banget buat bikin muka aku kelihatan lebih wakeup! Mata yang tadinya kelihatan sayu, ngantuk, jadi lebih seger. Pastikan kamu pakai mascara yang waterproof ya, biar kalau tiba-tiba kelupaan ngucek-ngucek mata enggak beleber. Sebelum pakai mascara bisa dijepit dulu pakai eyelash curler atau pengkeriting bulu mata, biar lebih naik bulu matanya. Aplikasi maskara nya bentuk zig-zag biar ga menggumpal.

LIPSTICK

Yang terakhir ini, bisa dibilang pentolan dalam dunia makeup. Tampilan kamu berubah drastis hanya pakai lisptick doang. Banyak banget jenis lip produk mulai dari cream, tint, gloss, dll. Aku pribadi lebih menyarankan pakai yang jenisnya stick. Karena bisa diatur intensitasnya, tipis sampai tebal. Yang mau ke sekolah bisa pakai dikit aja, trus diratakan pakai jari. Eits, pemilihan warna juga hati-hati. Pilih warna yang netral seperti nude, soft orange, atau pink. Listick juga bisa dipakai sebagai pengganti blushon dan eyeshadow loh. Jadi satu produk untuk tiga fungsi yang berbeda.

Jadi gimana nih yang suka ngeluh nggak ngerti apa-apa tentang makeup? Mulai sekarang kamu udah bisa dong buka e-commerce di ponsel kamu dan mulai hunting makeup. Semoga bermanfaat! Daa!

Gambar: https://www.mappedoutblog.co.uk/2018/08/faves-from-charlotte-tilbury.html


Komentar