5 SKIN CARE WAJIB UNTUK PEMULA

Hai! I'm sorry! Udah lumayan lama nih ga nyapa temen-temen, so, I'm back!

Rencananya, untuk beberapa tulisan kedepan aku mau fokus tentang beauty dulu deh ya, mungkin nyrepet-nyrepet dikit ke psikologi?! Maybe! Hehehe.

 

Oke, sering banget nih aku dapet pertanyaan tentang skincare, seperti:

"Apa aja sih yang harus dipakai?"

"Beli yang mana dulu?"

"Aku orangnya males ribet. Ada ga sih skincare yang simple aja?"

"Aku masih sekolah, kira-kira apa ya perawatan yang cocok?"

"Kak, aku mau berhenti perawatan klinik nih. Tapi bingung mau beralih ke produk apanya?"

Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar perawatan kulit wajah. Tenang beib, aku akan menjawab semuanya sebisaku, sesuai dengan pengalaman dan pengetahuanku.

 

Tapi sebelumnya, di tulisan kali ini aku mau disclaimer dulu nih, bahwa skincare itu cocok-cocokan ya, cocok di aku belum tentu cocok dikalian, dan viceversa. Mau lokal maupun produk luar, drugstore ataupun highend, ga menjamin kok. Dan kali ini aku mau fokus bahas tentang 5 skincare wajib atau esensial banget buat para pemula. Kenapa pemula? Emang beda ya sama yang pro? Jelas beda ya sayang! Nanti deh aku bahas lebih detail.

 

Intinya kalau untuk pemula biasanya sih dimulai dari yang basic, all skin type(aku juga bakal bikin new section sendiri kok buat bahas mengenai skin type), formula ringan, dan yang paling crusial. So, berikut adalah lima produk yang wajib ada di rangkaian skincare kamu!

 

MICCELAR WATER

Sebenarnya banyak banget jenis cleanser yang bisa digunakan, tapi miccelar water ini salah satu yang umum dan gampang banget dipakainya. Selain karena dia bisa multi-cleansing (makeup tipis sampai yang waterproff), dia juga punya formula yang ringan, jadi mau jenis kulitnya berminyak, kering, kombinasi, sensitif pun masih oke pakai produk ini. Untuk brand sendiri, di Indonesia sudah banyak banget ya, mulai dari garnier, loreal, nivea, sampai produk lokal seperti viva, ovale, dan banyak lainnya kalian bisa beli yang sesuai budged juga. Kalo rekomendasi aku sih, kalian bisa coba dari bifesta. Meskipun lagi no-makeup usahain tetep pakai miccelar water ya, karena debu dan polusi bisa tetep nempel dan menyumbat pori kamu.

 

FACIAL WASH

Ada yang ngerasa pakai miccelar water aja udah bersih? Yakin? Aku saranin tetep cuci muka pakai sabun khusus wajah ya, jangan sabun mandi apalagi yang batangan. BIG NO! Tujuannya sih biar sisa-sisa produk atau kotoran di wajah kamu yang ga ikut keangkat miccelar water bisa ikut rontok bareng busa facial wash dan air. Biar lebih seger juga. Pilih facial wash yang ga ngasih efek narik kulit, dan usahakan less busa. Kalau kalian ada flek atau bekas jerawat, bisa pakai yang ada kandungan scrub (tapi bukan scrub khusus ya), dan jangan sekali-sekali pakai scrub kalau lagi jerawat aktif.

 

TONER

Fungsi toner ini banyak banget tergantung dari jenisnya ya, ada yang hydrating, tightening, bahkan exfoliating. Balik lagi, kalau kalian belum paham betul tentang skin type dan masih pemula tentunya, pilih toner yang hydrating aja, lebih aman dan umum. Karena tujuan penggunaan toner sendiri itu untuk mengembalikan PH kulit setelah penggunaan facial wash. Tentunya biar pori-pori kamu kembali menutup juga.

 

MOISTURIZER with SPF

"Kak aku kan di rumah aja,  apa perlu pakai sunscreen?"
PERLU!

Radiasi matahari itu kesegala arah dan menembus benda bening ya sayang. Meskipun dirumah radiasi UV tetekecuali kamu di didalam bunker kedap cahaya hehe. Itu juga kalau ga main HP. SPF penting banget dipakai sedini mungkin, karena ini salah satu penghambat penuaan dini.

"Kak, kulitku oily nih. Kalau pakai moisturizer takut jadi kilang minyak".
PLEASE! BUANG STATEMENT YANG SALAH ITU DARI SEKARANG!

Apapun jenis kulit kalian, WAJIB hukumnya pakai moisturizer alias pelembhaabek(tuh pakai qolqolah). Justru kalau kulit kamu oily, penting pakai moisturizer, agar kulitkelembapan, minyak itu diproduksi ketika kulit kekurangan hidrasi/kandungan air/moisture/kelembapan. Hanya saja pilih moisturizer jenis gel kalau berminyak, dan rich cream buat yang kulitnya dry.

 

LIPBALM

Last but not least, lipbalm! Sering banget kena skip sih produk satu ini, dengan alasan nanti lipcreamnya ga bisa nempel lah, liptint geser lah, bla blah. Padahal ini penting banget buat kesehatan, kelembutan bibir kamu, apalagi matahari bisa bikin bibir makin pecah-pecah dan menghitam. Triknya adalah, pakai lipbalm saat awal pakai skincare, baru pakai lipstick atau lip product lainnya di akhir bermakeup. Hapus lipbalm pakai tisu, dan jangan sekali-sekali jilat bibir ya, enzim di ludah kalian itu buat mencerna makanan, kalau kena bibir justru bibir kalian gampang pecah-pecah kecerna si enzim itu sendiri.

 

Jadi gimana? Simple kan? Skincare ga seribet itu kok beib. Aku pribadi, meskipun #dirumahaja tetep pakai skincare dan ga skip 5 produk diatas. Apalagi buat cewek, kulit itu kan investasi ya, jadi mulailah merawat kulit sedini mungkin. Next, kita ketemu lai yaw! Kepalaku lagi penuh dengan ide-ide tulisan nih, ehe! Daaaa!


Gambar: www.beautybay.com


Komentar