CLEANSING : FIRST STEP PENYELAMAT KULIT KAMU


Hai! How are you beib? Gimana judul tulisan kali ini? Kalau kamu folower aku di INSTAGRAM kamu pasti udah hafal kalau aku tuh concern banget perihal ‘cleansing’. Aku pribadi sudah lama bergelut dengan kondisi wajah yang acne prone, sensitive, komedo, dan kawan-kawan. Banyak produk skin care  yang udah aku coba mulai  dari produk lokal, Korea, sampai USA. Dari yang harganya under 50k sampai ratusan ribu (waktu itu pernah nyoba produk USA seharga 500-600 ribu). Produk toko sampai klinik, organik – chemical, treatment-DIY,  juga pernah aku coba.  Memang ga semua yang ada di dunia ini aku coba ya, tapi sebagian besar untuk perawatan wajah berjerawat dan bekasnya, aku pernah coba. Tentunya dengan literasi (baca review dan browsing kandungan produk tersebut) sampai cari rekomendasi dan konsultasi ke beberapa ahli atau pengguna lainnya.

“Trus gimana hasilnya?”

Hasilnya beda-beda. Ada yang emang bagus di kulit aku ada juga yang malah bikin breakout. Ada yang efeknya langsung berasa ada yang sudah habis 1 tube tapi ga ngasih efek sama sekali.

“Apa gak malah bahaya ya, gonta-ganti produk skin care?”

Skin care itu cocok-cocokan. Darimana kita tahu skin care mana yang cocok sama kulit kita kalau ga dicoba? Aku pribadi saat memutuskan mencoba suatu produk pasti melalui pertimbangan yang panjang, balik lagi literasi, pengetahuan akan suatu produk itu penting banget sebelum menggunakannya. Dari serangkaian perjuanganku melawan jerawat (sebagai acne fighter) aku menemukan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada keberhasilan mendapatkan kulit sehat (ya meskipun wajahku belum semulus Han So Hee, ehe). CLEANSING.

Cleansing atau pembersihan adalah langkah awal dalam rangkaian pengunaan skin care(perlu dibahas ga genks? Hehe).

“Kenapa? Sepenting itu kah?”

PENTING PAKE BANGET AUTO CAPSLOCK BOLD! Step ini adalah step yang akan mempersiapkan kulit kamu untuk menerima nutrisi dari rangkaian skin care lainnya. Kalau kulit kamu bersih, skin care klainnya akan meresap dengan baik karena tidak ada penghalang, sehingga kinerja bahan aktifnya juga lebih optimal. Perlu diingat kotoran di kulit kamu kalau tidak dibersihkan atau masih ada sedikit aja yang tersisa, bisa memicu banyak sekali masalah kulit dan make up yang kamu pakai bakalan susah untuk stay.

Cleansing ini jenisnya juga banyak ya, ada single cleansing, double, triple, multiple, au ah.. intinya sesuai kebutuhan kamu. Kalau riasan yang kamu pakai tebal, tentunya butuh usaha lebih dong buat bersihinnya. Produk yang digunakan(cleanser) juga banyak banget jenisnya, ada milk, gel, clay, oil, miccelar water, pad, balm, banyak yakkk! Kamu gak harus pakai semuanya kok, pakai yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu.

Untuk kamu yang sehari-hari tidak menggunakan make up kamu bisa pakai miccelar water. Miccelar water ini bisa dipakai dari yang no-make up sampai yang full make up, hanya saja untuk full make up, miccelar water aja ga cukup. Untuk kamu yang pakai soft make up bisa pakai milk cleanser atau oil cleanser. Dan untuk full make up, biasanya lebih kompleks. Aku pribadi suka pakai cleansing balm dilanjut miccelar water, baru oil untuk daerah mata. Kalau kamu penganut double atau triple cleansing, kamu bisa sesuaikan sendiri ya. Saran aku, untuk kulit berminyak gunakan yang tipe milk atau balm aja tapi kalau udah terlanjur beli yang oil, its okay beib! Kamu hanya perlu memastikan kalau durasi pembersihanmu lebih cepat, jangan sampai oilnya meresap  saking lamanya mijit-mijit wajah. Gunakan miccelar water atau toner sebelum cuci muka dengan air agar tidak ada sisa oil di wajah kamu.

“Loh, kak, banyak juga ya! Ada yang simple dikit ga? Hehe,”

Ada dong. Apa sih yang enggak buat kamu? Tidak bisa dipungkiri ya, pasti ada aja saat dimana aku dan mungkin kamu juga, males banget yang namanya bersihin kulit wajah setelah seharian pakai make up, jalan-jalan, kerja, ngampus, melewati hari-hari yang super sibuk. Udah keburu capek! Maunya cepet-cepet tidur aja! Tenang, ada yang namanya two-in-one/ all purpose/ lip & eye cleanser. Fungsinya sama, membersihkan sisa make up dan kotoran, tapi formulasinya lebih kompleks. Bisa untuk membersihkan make up tipis, tebal, bahkan yang waterproff seperti lipcream dan mascara. Bisa juga digunakan semua jenis kulit loh beib. Salah satu rekomendasi dari aku adalah Wardah eye & lip make up remover. Selain murce, gampang ditemui, produk ini jadi salah satu faforit aku banget karena make up setebal apapun bisa gone.

Last, jangan lupa buat cuci muka menggunakan facial wash atau foam! Dan bilas dengan air!

Kamu sendiri selama ini pakai cleanser yang mana? Sudah seberapa rutin kamu melakukan skin care step yang satu ini? Jangan sampai gara-gara males bersihin make up, rentetan skin care kamu yang mahal-mahal itu jadi ga optimal ya! Daa!


Komentar